--> Skip to main content

Cara mengubah ukuran atau Resize file PDF

Jadi beberapa waktu lalu ada teman yang meminta saya untuk membantu memperkecil ukuran file PDF nya, guna untuk mendaftarkan dirinya ke perguruan tinggi. Saya pun membantu teman saya tersebut untuk memperkecil ukuran file PDF nya. Nah, dari situlah saya mendapatkan ide untuk menuliskan artikel ini, siapa tau diantara kalian membutuhkan tutorial ini untuk kedepan nya.

Untuk mengirimkan berkas file PDF tersebut melalui email, teman saya diminta untuk mengirimkannya dengan batasan ukuran maksimal 800Kb, tetapi berkas teman saya tersebut memiliki ukuran yang lebih dari 800Kb, jadi dia meminta saya untuk membantu mengurangi ukuran yang melebihi 800Kb.

Cara mengubah ukuran atau Resize file PDF

Nah untuk itulah saya menuliskan artikel ini, siapa sangka artikel ini akan berguna bagi kalian untuk kedepan nya, dan saya tuliskan artikel ini dengan dua metode yang pernah saya lakukan untuk mengubah atau pun memperkecil ukuran file PDF.

Berikut adalah dua metode yang saya tuliskan:

Mengubah ukuran file PDF dengan layanan online

Nah, ada nih situs website yang menyediakan layanan untuk memperkecil atau resize file PDF. Tetapi hanya ada satu situs penyedia layanan resize file PDF online yang saya favorit kan, yaitu di PDF Resizer, kenapa saya memilih situs tersebut sebagai situs favorit saya dalam memperkecil ukuran file PDF? Ya, karena kita dapat memilih untuk menyesuaikan ukuran file PDF yang kita inginkan. Seperti Low 72dpi, Med 150dpi, High 300dpi, High+ 300dpi.

Untuk caranya pun sangatlah mudah, berikut tutorialnya:
1. Buka situs PDF Resizer, kemudian pilih file PDF yang akan kalian perkecil dengan cara klik Browse... lalu klik Upload files!.
Screenshot 1

2. Kemudian kalian bisa memilih untuk resolusi yang kalian inginkan, disini saya mengubah atau meresize file PDF nya ke Low 72dpi, lalu klik Looks good, do the magic! », maka disebelah kanan akan tampil hasilnya.
Screenshot  2

Ingat, semakin kecil resolusi yang kalian pilih, maka kualitasnya akan semakin menurun sehingga menyebabkan tulisan atau gambar yang ada pada file PDF terlihat tidak jelas, jadi silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Mengubah ukuran file PDF dengan Adobe Acrobat Pro

Nah, ini adalah metode yang saya gunakan untuk memperkecil ukuran file PDF teman saya tersebut. Walau tidak menurun secara drastis, tetapi setidaknya ukurannya berkurang sehingga masih memenuhi syarat untuk melampirkan sebuah file PDF teman saya tersebut melalui email, dan untuk hasilnya pun juga masih terbilang sangat jelas untuk tulisan atau gambar yang ada di file PDF tersebut.

1. Silahkan buka file PDF yang akan kalian perkecil ukurannya, lalu silahkan pilih File > Save As Other > Reduced Size PDF...
Screenshot 3

2. Kemudian akan muncul sebuah Window Reduce File Size dan silahkan pilih Retain existing pada Make compatible with lalu pilih OK.
Screenshot 4

Nah itulah dua cara merubah atau memperkecil ukuran file PDF, semoga dapat bermanfaat bagi kalian untuk kedepannya ketika mendapati sebuah persyaratan untuk memperkecil file PDF di kemudian hari saat kalian mendaftar atau melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar